Delegasi RI dan Ceko Sharing Kebijakan Lingkungan Hidup

CLICKBORNEO.COM – Delegasi Kementerian Lingkungan Hidup  RI, sepanjang hari Senin (9/9)  mengikuti rapat kerja. Sesi pertama rapat kerja bersama Delegasi Ceko, dilanjutkan dengan Luncheon Meeting. Terakhir, rapat kerja dengan perusahaan-perusahaan Ceko  yang bergerak di bidang lingkungan hidup dan menjadi mitra kerja KLH Republik Ceko.

Kunjungan di Ceko

Delegasi Ceko dipimpin oleh Menteri LH Republik  Ceko, Mgr. Tomas Jan Podivinsky, sedangkan delegasi Indonesia dipimpin oleh Deputi Bidang Limbah Kimia, Limbah Berbahaya, dan Limbah Padat KLH RI, Rasio Ridho Sani, dengan difasilitasi oleh Dubes RI di Republik Ceko, Ermia WA Siregar. Kehadiran Deputi mewakili Menteri Lingkungan Hidup RI, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, yang mendadak berhalangan hadir karena bertugas mendampingi kunjungan Presiden SBY ke Polandia dan Rusia.

Pada kesempatan pertama, kedua delegasi saling bertukar kebijakan dan best experiences di kedua negara, dilanjutkan dengan diskusi-diskusi.

Bupati Banjar, Sultan H. Khairul Saleh, menyampaikan apresiasinya terhadap  kebijakan holistik di Eropa yang diatur melalui regulasi Uni Eropa, yang menjadi referensi terbitnya UU di setiap negara anggota.  Ia menilai regulasi Uni Eropa tersebut sangat baik, karena tidak hanya mengatur kerjasama di bidang ekonomi, melainkan juga tata kelola lingkungan hidup.

Dalam kesempatan itu, Sultan Khairul Saleh juga mengemukakan pendapatnya terkait pendanaan suatu institusi untuk perbaikan lingkungan, baik udara, air, lansekap, limbah cair (water waste), maupun limbah padat (solid waste), serta alam secara keseluruhan. Institusi tersebut mengumpulkan dan mengelola dana pihak-pihak penghasil polutan, sejenis CSR, sehingga dana pemerintah yang dialokasikan untuk usaha-usaha perbaikan lingkungan tidak terlalu besar.

“Institusi dimaksud hampir sama dengan BLUD/BUMD,  dimana di Kabupaten Banjar sudah terbentuk Forum CSR  atas inisiatif Pemkab Banjar. Bedanya, lingkup kerja dan jumlah dana yang dikelola tidak sebesar sebagaimana institusi di Republik Ceko,” ujar Khairul Saleh. []

Delegasi RI dan Ceko Sharing Kebijakan Lingkungan Hidup 5.00/5 (100.00%) 1 vote
[touchcarousel id='6']

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


2 + = 3

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>