Dampak Negatif Kebiasaan Begadang

CLICKBORNEO.COM – Remaja yang suka bergadang, menurut dr Achyar Nawi Husin, biasanya mereka keluar malam untuk mencari teman senasib. Seandainya di dalam rumah kondusif, tidak mungkin anak bersangkutan cari hiburan ke luar.

begadang

“Anak membutuhkan belaian, dalam arti bimbingan bila dia ada suatu masalah. Kadang orangtua terlalu sibuk, pagi berangkat kerja, malamnya baru pulang. Sehingga, kasih sayang pada anak tak bisa dilakukan,” kritiknya

Bisa pula karena kelewat dimanjakan, semua keinginan dia dipenuhi, akibatnya anak ingin mencari sesuatu yang lain di luar rumah.

Remaja yang suka keluyuran malam bahkan baru pulang pagi, tambah Achyar, kebanyakan berasal dari keluarga patologis. Karena di rumah tidak harmonis, ia kemudian mencari ke gank yang sama misi dengannya. Pas ketemu orang-orang salah, nantinya si anak pun ikut-ikutan berprilaku yang salah.

Disebutkannya, ada banyak dampak negatif dari kebiasaan begadang malam. Dari segi kesehatan medik, keluar malam dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga berbagai penyakit mudah datang.

“Dari segi psikiatrik, karena sering keluar malam tidurnya jadi terganggu. Sangat disayangkan kalau sebagai pelajar konsentrasi dan daya ingatnya menurun,” terang Achyar Nawi Husin.

Belum lagi dari aspek sosial, remaja yang suka bergadang acapkali dipandang negatif oleh lingkungan. Mereka rentan terlibatĀ  kenakalan remaja, bahkan bisa mengarah pada tindak kriminal.

“Seharusnya orangtua introspeksi diri, kalau anak tidak betah di rumah pasti ada sesuatu yang menyebabkan itu,” tegasnya.

Induk ayam saja, lanjut Achyar, kalau anaknya tidak pulang kuciak-kuciak (teriak) mencari, apalagi manusia yang punya akal.

“Kalau ingin anak kembali betah di rumah, berikan kasih sayang dan bimbingan padanya. Tapi ingat, bimbingan bukan dalam arti kekerasan,” imbuhnya.[]

BERI NILAI ARTIKEL DI ATAS
[touchcarousel id='6']

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


1 + = 7

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>